Hardwareholic Keluarga baru produk Intel menyediakan CPU dengan memori bandwidth tinggi, 4,8 kali lebih cepat dibandingkan kompetitor dan GPU Intel dengan densitas tertinggi, serta ekosistem pemograman yang paling terbuka dan terpercaya untuk menjawab berbagai tantangan terbesar di dunia.

Apa yang baru: Menjelang penyelenggaraan Supercomputing ‘22 di Dallas, Intel Corporation memperkenalkan keluarga produk Intel Max Series dengan dua produk terdepan untuk komputasi berperforma tinggi (high performance computing/HPC) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yakni Intel® Xeon® CPU Max Series (dengan nama sandi Sapphire Rapids HBM), dan Intel® Data Center GPU Max Series (dengan nama sandi Ponte Vecchio). Produk-produk baru ini akan mendukung superkomputer Aurora di Argonne National Laboratory dengan informasi mengenai implementasinya dibagikan hari ini.

Xeon Max CPU adalah prosesor berbasis x86 pertama dan satu-satunya dengan memori yang memiliki bandwidth tinggi, sehingga bisa mengakselerasi banyak beban kerja HPC tanpa harus mengubah program. GPU Max Series adalah prosesor Intel dengan densitas tertinggi, yang memuat lebih dari 100 miliar transistor dalam kemasan 47-tile dengan memori berbandwidth tinggi hingga 128 gigabit (GB). Ekosistem software terbuka oneAPI memberikan lingkungan pemrograman tunggal untuk kedua prosesor baru. 2023 oneAPI dan alat AI dari Intel akan memberikan berbagai kemampuan yang bisa mengaktifkan fitur-fitur mutakhir dari produk Intel Max Series.

“Untuk memastikan tidak ada beban kerja HPC yang tertinggal, kita membutuhkan solusi yang memaksimalkan bandwidth, memaksimalkan komputasi, memaksimalkan produktivitas pengembang dan pada akhirnya memaksimalkan dampak. Keluarga produk Intel Max Series menghadirkan memori dengan bandwidth tinggi di pasar yang lebih luas, yang ketika dipadukan dengan oneAPI akan mempermudah proses code sharing (saling berbagi kode pemrograman) antara CPU dan GPU, dan menyelesaikan berbagai tantangan terbesar di dunia dengan lebih cepat.”

-Jeff McVeigh, Corporate Vice President and General Manager, Super Compute Group at Intel

Kenapa ini Penting: High performance computing (HPC) merupakan teknologi terdepan yang memanfaatkan inovasi paling mutakhir dalam skala besar untuk memecahkan tantangan-tantangan terbesar yang dihadapi ilmu pengetahuan dan masyarakat, mulai dari mengurangi dampak perubahan iklim, hingga menyembuhkan penyakit yang paling mematikan di dunia.

Produk Max Series memenuhi kebutuhan komunitas ini dengan CPU dan GPU yang skalabel dan seimbang, yang mengintegrasikan terobosan dalam bandwidth memori dan disatukan oleh oneAPI, kerangka kerja pemrograman lintas-arsitektur yang berbasis standar dan terbuka. Para peneliti dan dunia akan bisa menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan lebih berkelanjutan dengan produk-produk Max Series.

Waktu Ketersediaan: Produk-produk Max Series dijadwalkan untuk meluncur pada Januari 2023. Sebagai upaya menjalankan komitmennya terhadap pelanggan, Intel mengirimkan blade dengan GPU Max Series ke Argonne National Laboratory guna mendukung superkomputer Aurora, dan akan mengirim CPU Xeon Max ke Los Alamos National Laboratory, Kyoto University dan lokasi-lokasi superkomputer lainnya.