HardwareHolic.com – Jakarta, Maret 2021 – Bila mendengar nama game Ragnarok Online (RO) tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, Ragnarok sendiri awalnya merupakan game PC yang sangat digemari pada tahun 2000n. Mengikuti perkembangan dan perubahan dalam bermain game yang mana pada zaman sekarang bisa dibilang eranya zaman game mobile, Ragnarok tentu tidak akan mengecewakan pada pemainnya. Pada 30 Oktober 2018, lahirlah game Ragnarok M: Eternal Love untuk para pecinta Ragnarok versi mobile.

Sudah hampir 3 tahun sejak Ragnarok M: Eternal Love dirilis, game ini memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para pemainnya yaitu dengan adanya Ragnarok M: Eternal Love 2.0. Update di versi ini merupakan update besar-besaran yang akan memberikan banyak sesuatu yang baru di Ragnarok M: Eternal Love 2.0.

Apa saja update terbarunya?

Map Baru

Pada saat kita memulai bermain, kita akan berada di tempat bernama Cryptura Academy. Di Cryptura Academy kita akan menjalankan quest awal yaitu tutorial. Kita akan diajarkan bagaimana dan cara bermain yang benar di sini. Hal menarik di sini, setelah kita menyelesaikan tutorial, maka level kita akan naik langsung ke level 120. Sungguh mudah sekali untuk pemain baru!

Map baru Eclage hadir di Ragnarok M: Eternal Love 2.0. Map yang berada di Negeri para Pixie di Puncak Yggdrasil ini merupakan kota yang sangat indah dengan Arsitektur bangun yang unik.

Selain Eclage, Map baru lainnya yaitu Palace of Beauty dan Time Garden. Palace of Beauty merupakan sebuah tempat yang terdapat di langit Rune Midgard. Asal-usul Palace of Beauty masih belum diketahui, tempat ini menyimpan misteri dan bahaya yang tinggi.

Time Garden merupakan tempat ajiab lain karena tempat rahasia ini dapat tahaman dan hewan tidak akan pernah mati. Meskipun disebut tempat ajiab, tapi Time Garden merupakan tempat yang berbahaya yang dipenuhi  banyak monster. Tempat ini juga menjadi tempat yang menarik, karena di Time Garden pemain berkesempatan mendapat blueprint, dan drop untuk membuat kostum dan headgear yang hanya bisa diperoleh di peta ini.

Tampilan yang Lebih Cantik

Hal pertama yang kita lihat dalam sebuah game ialah visual. Tentu dengan visual yang cantik dan menarik akan membuat para pemain betah berlama-lama untuk memainkan game. Ragnarok M: Eternal Love 2.0 ini menjawab permintaan pemain dengan memberikan visual yang cantik dan menarik.

Tidak hanya meningkatkan visual, berbagai tempat juga terdapat perubahan. Di Prontera, kota yang sering dikunjungi banyak pemain menjadi kota yang lebih besar dan lebih indah. Tidak hanya di Prontera, peningkatan visual di Ragnarok 2.0 ternyata juga membawa perbedaan untuk kota-kota termasuk Izlude, Morroc, Payon dan map-map lainnya.

Perubahan lain di Ragnarok M: Eternal Love 2.0 ini yaitu daru User Interface (UI). UI yang sekarang ini terlihat lebih kompleks dan rapi. Ukuran UI pun terlihat pas yang membuat pemain baru tidak kebingungan saat mengaksesnya.

Selain itu, adanya fitur Lock, 2.5D dan 3D pada tampilan. Pemain dapat memilih tampilan apa yang akan digunakan. Untuk tampilan Lock, tampilan ini merupakan tampilan standar yang tidak dapat diubah sudut pandangnya. Tampilan 2.5D mirip seperti tampilan Lock tetapi dapat merubah sudut pandang atau memutar arah tampilan. Berbeda untuk tampilan 3D, pemain dapat merubah sudut pandang di dalam game mulai dari memperbesar, memperkecil, memutar dan dapat melihat sekeliling dengan leluasa. Juga dengan adanya high frame rate, membuat game semakin lancar dan nyaman. Pemain juga dapat mengabadikan moment atau sekedar mengambil gambar dengan fitur ambil gambar yaitu kamera.

Job Baru

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 menghadirkan Job baru yakni Ninja. Cara untuk mendapatkan Job Ninja sangatlah mudah. Di Cryptura Academy, pemain dapat memilih Job tersebut dengan mengikuti tutorial yang ada. Karakter kalian akan langsung mencapai level 120 dan Job T3. Dan tutorial itu hanya akan memakan waktu sekitar 20-30 menit saja. Wow!

Kembali ke Job Ninja, Ninja menawarkan ratusan jurus Ninjutsu yang bermacam-macan dan unik. Skill dari Ninja memiliki 3 cabang utama yaitu Flowing Blade, Wind Monster dan Ninjutsu. Dengan adanya 3 Cabang Utama dari Skill Ninja, pemain harus memilih Skill apa yang akan diambil yang nantinya akan menjadi Skill Utama dari Karakter Ninja kamu.

Update Menarik Lainnya

Game RPG terkenal dengan grinding atau farmingnya yang sangat memakan waktu dan bisa dibilang cukup membosankan. Di Ragnarok M: Eternal Love 2.0 ini, terdapat solusi untuk hal tersebut. Ya benar, fitur Offline Battle. Fitur ini mungkin menjadi hal yang sangat dinanti oleh para pemain, bagaimana tidak, fitur ini dapat melakukan grinding secara offline secara terus-menerus. Namun, fitur Offline Battle ini tidak diberikan secara gratis.

Kesimpulan

Mulai dari Peta baru, Job Baru, Visual Baru dan Berbagai Fitur baru. Secara keselurahan Ragnarok M: Eternal Love 2.0 ini memberikan tantangan baru dan kepuasan baru untuk para pemain. Jika kalian belum memainkan game ini, wajib banget memainkannya karena bisa dibilang Ragnarok M: Eternal Love 2.0 menjadi game yang asik untuk mengisi waktu, apa lagi di masa pendemi seperti sekarang.

Itulah sedikit review dan penjelasan tentang berbagai update pada Ragnarok M: Eternal Love 2.0. Update kali ini merupakan sesuatu yang sangat besar dan membawa banyak perubahan di game ini.

Skor dari Penulis

Dari semua aspek yang ada, penulis memberikan nilai 8.5/10 untuk game mobile yang sebagus ini.