Hardwareholic.com – Pada hari ini, realme telah meluncurkan realme 8 dan 8 Pro ke Indonesia. Seri angka realme merupakan seri yang sangat dinanti oleh anak muda di seluruh Indonesia. Kali ini, realme meluncurkan realme 8 Series yang membawa lompatan di sektor kamera dengan resolusi kamera 108MP, kamera resolusi tertinggi di industri smartphone saat ini.

realme 8 ini menjadi smartphone number series terbaru dari realme yang membawa trendsetting technology terbaru Capture Infinity dan trendsetting design terbaru melalui Infinite Bold Design yang lebih berani, fresh, unik dan pastinya lebih tipis.

Dan pada kali ini, kami mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu smartphone dari realme yang baru saja dirilis hari ini, yaitu realme 8 dengan warna Cyber Black. Yuk simak review kami di bawah ini!

Kotak penjualan realme 8

Info penjualan realme 8 dengan kotak berwarna kuning polos yang merupakan ciri khas smartphone realme dengan tulisan “realme 8”.

Untuk isi dari paket penjualannya, realme 8 berbekal kabel data USB Type-C dan adaptor 5V dengan 6A berteknologi Dart Charge, sim tray ejector, rubber case bening, buku panduan dan kartu garansi. Paket dari smartphone ini terlihat cukup lengkap, karena selain menyertakan rubber case bening, pada paket penjualannya juga diberikan adaptor dengan daya output 30W berteknologi DART Charge. yang telah bbahas sebelumnya di Unboxing realme 8

Spesifikasi  Desain

realme 8 Series juga akan menghadirkan fitur-fitur kamera terbaru yang menyenangkan, membantu kreator muda menangkap gambar dan membuat konten dengan kreativitas yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya. realme 8 Series juga menghadirkan desain yang khas dan berani untuk anak muda melalui Infinite Bold Design yang lebih ringan dan ramping dibanding pendahulunya.

realme 8 yang kami ulas kali ini menggunakan Infinite Bold Design yang terinspirasi dari gaya digital futuristik menciptakan visual yang menakjubkan dan hadir dalam 2 pilihan warna, Cyber Black dan Cyber Silver. realme 8 ini memiliki dimensi 165.2 x 76.4 x 8.9 mm dengan berat hanya 177 gram saya, sangat ringan dan tipis sehingga nyaman saat digenggam.

Layar yang digunakan pada realme 8 ini adalah Super AMOLED yang sudah mendukung in-display fingerprint serta in-display kamera selfie. Luas layarnya sekitar 6,4 Inchi dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan rasio layarnya tetap mendukung 20 : 9. Untuk rasio layar-ke-bodi sekitar 90.8% membuat smartphone ini terlihat luas. Selain itu, layar pada smartphone ini juga sudah mendukung Always-On Display.

Di bagian samping sisi kanan dari realme 8 terdapat tombol daya dan volume. Pada bagian sisi bawah terdapat lubang mic, port audio 3.5 mm, port micro USB Type-C dengan OTG dan lubang loudspeaker.

Dibagian sisi kiri terdapat Slot nano SIM dan Tray SIM yang memiliki konfigurasi triple slot (SIM1 + SIM2 + Micro SD) untuk memudahkan pengguna saat ingin menambah memori penyimpanan pada smartphone ini. Selain itu, bagian belakang smartphone ini terdapat 64 MP AI Quad Camera dan lampu flash di kiri bawah bentuk seperti kapsul dengan ukuran lingkar kamera yang besar dan posisi yang membentuk persegi.

Spesifikasi Hardware

realme 8 menggunakan SoC Mediatek Helio G95 12 nm dengan 2-core Cortex-A76 dengan clock hingga 2,3 GHz dan 6-core Cortex A55 dengan clock hingga 2 GHz dan GPU Mali-G76 yang membuat performa dari smartphone ini sangat baik dan tetap hemat daya.

realme 8 ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin cairan tembaga yang canggih. Dibandingkan dengan Sistem Pendingin Serat Karbon generasi sebelumnya, efisiensi pendinginan meningkat 14,4%, sehingga kinerja smartphone tetap cepat dengan suhu terjaga.

realme 8 yang diulas kali ini memiliki kapasitas memori RAM LPDDR4X sebesar 8 GB dengan internal 128 GB UFS 2.1. Selain itu, smartphone ini tetap mendukung Micro SDXC untuk menambah kapasitas penyimpanannya hingga 256 GB. Untuk konektivitas, selain mendukung 4G LTE, realme 8 juga mendukung WiFi 802.11 b/g/n/ac dan Bluetooth v5.0 termasuk NFC.

Baterai Li-Po non-removable yang digunakan realme 8 memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh. Kapasitas baterai sebesar ini dipastikan masih cukup untuk mendukung penggunaan harian yang cukup lama termasuk saat bermain game mobile.

OS Android yang digunakan realme 8 adalah Android 11 dengan realme UI 2.0 yang merupakan UI terbaru untuk smartphone realme. Performa dari UI smartphone ini terasa lancar dengan kapasitas RAM yang memadai untuk smartphone ini termasuk tambahan fitur seperti Game Space dan Ultra Saving yang tetap tersedia.

Dengan detail spesifikasi seperti di atas, realme 8 memiliki performa terbaik dari gabungan antara prosesor gaming G95, memori besar 8GB+128GB, baterai besar 5000mAh dengan 30W Dart Charge, kombinasi powerful di seri angka realme yang dapat mengisi 50% dalam waktu 26 menit.

30W Dart Charge

Benchmark

Antutu merupakan aplikasi benchmark yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur performa sebuah perangkat berbasis Android. AnTuTu menmiliki beberapa pengujian performa dari perangkat berbasis Android berdasarkan empat poin pengujian yaitu Graphics, CPU, UX (user experience) dan RAM.

Geekbench merupakan benchmark lintas platform yang mengukur kinerja CPU dan GPU sebuah perangkat smartphone, tablet dan PC. Aplikasi ini menggunakan beberapa algoritma komputasi yang umumnya digunakan pada scenario real world sehingga dapat menganalisa kemampuan CPU saat melakukan proses single core maupun multi core dan juga GPU . Geekbench yang digunakan untuk pengujian kali ini yaitu Geekbench 5.

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut. Pengujian yang dijalankan yaitu Wild Life, Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut. Pengujian yang dijalankan yaitu Wild Life, Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

PCMark merupakan aplikasi benchmark untuk menguji perangkat Android lewat pengujian yang berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna. Nilai yag dihasilkan mencerminkan performa dari perangkat Android yang sebenarnya. Tes yang dijalankan adalah Work 1.0 dan Work 2.0.

Hasil Foto

Sektor kamera tetap menjadi fokus pada realme 8 yang sudah ditingkatkan dengan fitur kamera seperti Tilt-Shift Mode, Starry Mode, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, Neon Portrait dan Dual-view Video. realme 8 membawa kamera beresolusi kamera 64MP dengan berbagai peningkatan di mode foto dan video, memberikan anak muda kebebasan bereksporasi yang tanpa batas melalui kamera.

Kamera yang terpasang di belakang terdiri dari 64 MP PDAF f/1.8 untuk kamera utama, 8 MP f/2.2 untuk kamera UltraWide, 2 MP f/2.4 untuk macro dan 2 MP f/2.4 untuk kamera B/W dengan dukungan night filter dan slo-mo. Selain itu, kamera belakang ini memiliki dukungan perekaman video hingga 4K pada 30 fps.

Kamera Utama

Pengambilan foto pada malam hari.

Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu mengambil foto selfie lebih luas. Untuk perekaman video, kamera depan realme 8 ini sudah mendukung perekaman video hingga1080p dan slo-mo dengan stablisasi UIS.

Hasil hunting Foto mengunakan realme 8 ini, cukup

Performa Baterai

Dalam pengujian kami, realme 8 ini mampu memutar video 720p selama 21 jam secara terus-menerus dengan kecerahan dan volume suara sama-sama 50%.

Untuk performa pengisian dari baterai 5000 mAh yang digunakan pada realme 8 terbilang cukup cepat dimana hanya butuh sekitar satu jam saja, mengingat adaptor yang disediakan memiliki rating cukup tinggi dengan 6 A/5 V yaitu sekitar 30 W.

Kesimpulan

Seri angka realme merupakan seri yang sangat dinanti oleh anak muda di seluruh Indonesia. yang membawa lompatan di sektor kamera dengan resolusi kamera 108MP, kamera resolusi tertinggi di industri smartphone saat ini.

Perpaduan antara 64MP AI Quad Camera dan Infinite Bold Design, membuat realme 8 menjadi smartphone paling stylish dengan performa terbaik di kelas menengah. realme 8 ini juga dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh dengan pengisian cepat 30 W Dart Charge dan NFC Multifungsi untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Dalam urusan performa, realme 8 terbilang cukup mumpuni dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Kemampuan Helio G95 mampu menunjang kebutuhan seperti memainkan game-game masa kini seperti Mobile Legends, League of Legends: Wild Rift, Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile dengan detail grafis tinggi.

Semua fitur dan spesifikasi dengan paket penjualan yang ditawarkan realme 8 dihargai sekitar 3 juta-an (8/128).

Kelebihan dari realme

  • Layar sudah AMOLED
  • Infinite Bold Design yang futuristic
  • Baterai 5000mAh dengan 30W Dart Charge
  • UIS dan UIS Max Video Stabilization
  • Sensor fingerprint di layar
  • Mendukung dengan NFC
  • Bobot ringan