Hardwareholic.com – Smartphone realme meluncurkan smartphone terbarunya yaitu realme narzo 30A. Dengan slogan Power Up The Game, narzo 30A ditujukan untuk memenuhi pasar smartphone gaming harga 1 jutaan di Indonesia. Kali ini Hardawareholic berkesempatan melakukan game test untuk melihat kemampuan smartphone terbaru dari realme ini.

Spesifikasi dari realme narzo 30A menggunakan chipset Mediatek Helio G85 dengan prosesor Octa Core ARM Cortex dengan fabrikasi 12 nm yang diklaim dapat mencetak skor AnTuTu hingga 200.000. Ditambah dengan GPU Mali G52, Chipset ini diklaim dapat memberikan pengalaman gaming yang cukup baik bagi pengguna smartphone khususnya kawula muda yang senang bermain mobile gaming. Selain itu, realme narzo 30A yang masuk ke pasar Indonesia sendiri memiliki konfigurasi RAM sebesar 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB dengan tambahan dukungan Micro SDXC hingga 256 GB.

Di sektor baterai, ponsel ini memiliki baterai yang besar dengan kapasitas mencapai 6000 mAh. Baterai dengan kapasitas seperti ini membuat penggunaan realme narzo 30A lebih awet saat kondisi harian yang diklaim capai 46 hari dan saat bermain mobile game. Tidak sampai disitu, smartphone ini juga didukung dengan sistem pengisian daya 18 W dan juga reverse charging.

Untuk mengetahui kemampuan dari Helio G85 yang digunakan realme narzo 30A, kami melakukan serangkaian pengujian diantaranya pengujian aplikasi benchmark dan pengujian dengan berbagai mobile game yang cukup dikenal di Indonesia.

Benchmark AnTuTu

AnTuTu merupakan aplikasi benchmark yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur performa sebuah perangkat berbasis Android. AnTuTu memiliki beberapa pengujian performa dari perangkat berbasis Android berdasarkan empat poin pengujian yaitu Graphics, CPU, UX (user experience) dan RAM.

Benchmark Geekbench

Geekbench merupakan benchmark lintas platform yang mengukur kinerja CPU dan GPU sebuah perangkat smartphone, tablet dan PC.

Benchmark 3DMark

3DMark merupakan benchmark yang ditujukan untuk menguji performa dari system perangkat berbasis Android dalam melakukan pemrosesan berdasarkan grafis. Semakin tinggi nilainya semakin baik performa perangkat tersebut.

Benchmark PCMark

PCMark merupakan aplikasi benchmark untuk menguji perangkat Android lewat pengujian yang berdasarkan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna. Nilai yang dihasilkan mencerminkan performa dari perangkat Android yang sebenarnya.