Hardwareholic – Alibaba DAMO Academy (“DAMO”), inisiatif penelitian global oleh Alibaba Group, hari ini membagikan prakiraan tahunannya terkait tren teknologi terdepan yang dapat membentuk banyak industri di tahun-tahun mendatang.

Di antara tren teknologi terkemuka, AI Generatif, yang telah mendapatkan daya tarik yang cukup besar, diharapkan dapat membuat langkah lebih jauh dengan aplikasinya yang terus berkembang dalam mengubah proses produksi konten digital. Dengan adanya bantuan dari kemajuan teknologi di masa depan dan pengurangan biaya, AI Generatif akan menjadi teknologi inklusif yang secara signifikan dapat meningkatkan variasi, kreativitas, dan efisiensi pembuatan konten, menurut DAMO.

Teknologi penting lainnya yang muncul adalah inteligensi keputusan mesin ganda. Didukung oleh optimalisasi operasi dan pembelajaran mesin, sistem kecerdasan keputusan bermesin ganda ini memungkinkan alokasi sumber daya yang dinamis, komprehensif, dan real-time, seperti pengiriman listrik secara real-time, optimalisasi throughput pelabuhan, penugasan stan bandara, dan peningkatan dalam proses manufaktur. Sehingga, teknologi dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensi operasional.

Komputasi dan keamanan cloud diperkirakan akan terus memainkan peran kunci dalam transformasi digital bisnis. Berkat teknologi keamanan dan komputasi cloud yang menjadi lebih terintegrasi daripada sebelumnya, maka layanan keamanan bisa beralih ke cloud native, berorientasi platform, dan cerdas.

Tren lain yang berkembang menurut prediksi DAMO termasuk model pondasi multimodal pra-pelatihan, chiplet, pemrosesan dalam memori, arsitektur komputasi awan terintegrasi perangkat keras-perangkat lunak, struktur yang dapat diprediksi berdasarkan sinergi edge-cloud, pencitraan komputasi, serta perencanaan tata kota virtual skala besar (Urban Digital Twins).