HardwareHolic.com – Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sepanjang bulan Agustus selalu menjadi momen yang haru sekaligus menyenangkan. Euforia dan semangat masyarakat menyambut kemerdekaan masih terasa bahkan hingga hari ini. Meski berada di tengah situasi pandemi, ternyata ada banyak cara lho untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia secara digital. Helo, platform digital yang menyediakan pilihan bagi pengguna untuk mengeksplorasi, menemukan, dan mendiskusikan topik atau minat baru dengan kategori lokal yang beragam, menyaksikan berbagai cara kreatif yang dilakukan oleh pengguna untuk merayakan HUT RI ke-76 kali ini.

Lalu, apa saja sih perayaan 17 Agustus yang bisa kita jumpai secara virtual? Yuk, simak tiga cara pengguna Helo dalam merayakan hari kemerdekaan secara virtual di Helo, berikut ini:

Berkreasi Serba Merah Putih #DiRumahAja

Pengguna turut memeriahkan HUT RI semasa pandemi dengan mulai berkreasi lewat konten ala Indonesia sesuai dengan minat. Momen ini pun dimanfaatkan sejumlah pengguna untuk menggali minat tersebut dan menampilkan kreativitasnya di Helo.

Rosiati, seorang kreator Helo membuat konten berupa video make up bertemakan Indonesia bisa menjadi salah satu cara merayakan 17an dengan gaya kamu sendiri. Dari konten fashion, beberapa pengguna mengunggah video transisi pakaian-pakaian adat seperti video GayaBusanaKini. Sementara itu, untuk konten kuliner, Rhestidanty membuat surabi kuah kunca dengan nuansa warna merah putih. Apapun minatnya, pengguna  tetap kreasikan dalam bentuk foto, video, maupun tulisan di aplikasi Helo, termasuk menggunakan

stiker spesial HUT RI di Helo.

Untuk melihat konten inspiratif lainnya, kamu bisa intip tagar #AduGayadiHelo berikut ini ya! Selamat mencoba!

Merayakan 17an dengan Challenge yang seru

Hari Kemerdekaan biasa identik dengan lomba-lomba, namun karena kondisi sekarang kita terpaksa harus berpikir kreatif agar tetap bisa mengadakan lomba di rumah. Sejumlah pengguna Helo bahkan mengadakan alternatif lomba untuk memperingati 17 Agustus bersama keluarga, sahabat, atau orang tercinta.

Salah satunya adalah tim sepak bola Borneo FC Samarinda yang merayakan momen 17an dengan mengadakan lomba atau challenge “Seberapa Indonesia kamu?”. Pemain lomba ini berbaris secara bergantian untuk menebak letak provinsi dari foto bangunan atau tempat yang ditunjukkan. Bila kamu yang tidak bisa menebak, kamu harus mencolek bedak pada wajah. Semakin peserta lomba tidak bisa menjawab, maka akan semakin putih wajahnya! Cara ini bisa jadi inspirasi untuk pengguna lainnya, dengan pertanyaan atau hukuman yang berbeda. 

Tidak bisa merasakan menyanyikan lagu kebangsaan secara langsung saat upacara bendera di masa pandemi? Aktris Amanda Manopo mengajak para pengguna Helo untuk mengikuti challenge bernyanyi lagu Indonesia Raya versi kamu dalam rangka menyambut selebrasi HUT RI ke-76. Selain jadi ajang unjuk kebolehan dan minat dalam seni tarik suara, sejumlah pengguna juga mengabadikan momen bersama dengan orang terdekat saat bernyanyi lagu kebangsaan untuk mengajak pengguna lain menghormati Sang Merah Putih.

Intip tagar #HiburanRakyatIndonesia pada aplikasi Helo untuk melihat lebih banyak aktivitas seru Hari Kemerdekaan yang bisa dilakukan bersama orang tersayang di sekitarmu. Semangat yang terlihat di video-video ini menular, lho!

Mengikuti Tren dan Ruang Diskusi Tentang Perjalanan 76 Tahun Bangsa Indonesia

Selain kita merayakan Hari Kemerdekaan dengan aktivitas yang seru, tidak lupa kita juga perlu memperkaya pengetahuan tentang perjalanan bangsa Indonesia sampai dengan 76 tahun. Banyak fakta, sejarah, dan cerita menarik tentang Indonesia yang bisa diakses di platform digital dalam merayakan ulang tahun bangsa kita ini. Sebut saja seperti hal menarik yang perlu diketahui seperti fakta tentang 17 Agustus 1945, sejarah Istana Bogor, sampai tempat favorit Presiden pertama kita, Soekarno.

Untuk pengguna yang suka berdiskusi mengenai sejarah, terdapat ruang #BicaraTentang76thIndonesia yang bisa dikunjungi untuk menambah pengetahuan sejarah dan berita terkini mengenai Hari Kemerdekaan.

“Bertepatan pada bulan ulang tahun Republik Indonesia tahun ini, Helo menyajikan banyak aktivitas dan program spesial yang seru agar euforia 17an ini tetap bisa terasa walaupun secara virtual. Kami senang sekali melihat antusiasme pengguna, termasuk sejumlah selebriti yang menggunakan platform digital ini untuk terhubung dengan beragam budaya, komunitas, dan semangat lokal. Semoga masyarakat bisa mendapatkan pengalaman baru untuk menggali minat, berdiskusi, dan mengikuti tren dalam merayakan HUT RI kali ini secara menyenangkan di Helo,” Indira Melik, Country Head of Operations, Helo Indonesia.

Deretan selebriti mulai dari Rizky FebianChicco JerikhoIndra BektiAura Kasih, hingga Inul Daratista turut berpartisipasi memberikan semangat dan konten spesial 17an di Helo. Para pengguna pun bisa merasa lebih dekat dan aktif berinteraksi secara langsung dengan selebriti favorit dalam perayaan Hari Kemerdekaan kali ini. 

Ikuti perkembangan terbaru dari program dan challenge, termasuk ucapan selamatdalam rangka HUT RI ke-76 dari tagar #MerahPutihDiHidupku  pada aplikasi Helo.