Jakarta, 28 Julii 2020 – Sebelum membahas Update v4.1, kita akan membahas sedikit tentang game Honkai Impact 3 itu sendiri. Honkai Impact 3 merupakan game mobile Action 3D RPG yang dikembangkan oleh miHoYo. Honkai Impact 3 dirilis untuk server SEA sejak November 2017 atau lebih tepatnya 31 Oktober 2017. Dari awal rilis sampai sekarang, Honkai Impact 3 masih menjadi game yang populer dengan mengedepankan Gameplay dan grafis yang menakjubkan.

Awal perilisan, game ini menghadirkan sedikit karakter atau biasa disebut Valkyrie yaitu Kiana Kaslana, Raiden Mei, Bronya Zaychik, dan Murata Himeko. Namun seiring berkembangnya game tersebut, banyak fitur maupun Valkyrie yang dihadirkan. Mulai dari Valkyrie Theresa, Fu Hua, Yae Sakura, Kallen, Liliya, Rozaliya, Rita, Selee, Durandal. Dan pada kuartal pertama (Q1) 2020, Honkai Impact 3 Server SEA sudah dapat dimainkan di PC.

Herrscher of Thunder

Update Versi 4.1

New Battlesuit

Sudah hampir 3 tahun rilis, tidak lama lagi Honkai Impact 3 akan mengupdate versi terbarunya yakni v4.1, di v4.1 miHoYo memberikan kejutan spesial. Ya benar sekali, pada update v4.1 yang ditunggu oleh player HI3, yang dulunya dipanggil Valkyrie “useless”, sekarang di update v4.1 akan muncul sebagai New Meta Battlesuit yaitu Rank-S Raiden Mei ‘Herrscher of Thunder’.

Herrscher of Thunder merupakan Awakening dari Mei ‘Lighting Empress’ dan sama seperti LE bertipe Psychic. HoT merupakan Battlesuit Damage Dealer yang menghasilkan Damage Elemen Lighting, HoT juga akan digadang-gadang menjadi Top Tier Damage Dealer.

Mengapa HoT akan menjadi new meta untuk Valkyrie Damage Dealer Elemen Lighting? Saat perilisan v4.1 nanti, HoT akan mendapat Signature Stigma juga Weapon baru. Tidak sampai disitu, Weapon tersebut akan langsung mendapat Pri-Arm.

New Stigma

Benares: Awakening merupakan Stigma baru atau Stigma Signature untuk HoT. Stigma ini menambah Damage Elemen Lightning. Walaupun menambah Elemen Lighting untuk Valkyrie, namun stigma ini hanya cocok untuk HoT karena syarat Stigma ini aktif sepenuhnya yaitu jika digunakan oleh Herrscher.

Stigma Benares: Awakening

New Weapon

New weapon untuk HoT yaitu Pedang/Blade bernama Key of Castigation. Sama seperti Stigma Benares, Weapon ini akan menambah Damage Elemen Lighting penggunanya. Juga weapon ini hanya cocok untuk HoT, karena syarat Skill Weapon ini aktif sepenuhnya hanya jika digunakan oleh HoT.

Key of Castigation

New Pri-Arm

Dan inilah mengapa HoT akan digadang-gadang menjadi Valkyrie New Meta. Awal perilisan HoT sudah mendapat Weapon Pri-Arm bernama Domain of Sanction. Pri-Arm ini merupakan Weapon dengan Base Attack tertinggi dari Weapon Pri-Arm lainnya dengan Attack sebesar 447. Tentunya ini akan menjadikan HoT lebih Powerfull dibanding Valkyrie lainnya.

Domain of Sanction

New Elf

Menemani Herrscher of Thunder, hadir pula New Rank-S Elf bernama Bella. Design karakter Bella berbentuk seperti Naga karena memang karakternya diambil dari Naga Benares. Bella menyerang musuh menggunakan panah yang mana dapat menghasilkan serangan Elemen Ligthing. Bella juga cocok menjadi Support untuk HoT karena ia dapat memberi tambahan Damage kepada pengguna dan dapat membuat musuh terkena efek buruk Paralyse.

Bella

New Outfit

Di v4.1 tidak hanya ada Vakyrie baru yang muncul, di Versi ini juga akan ada update Outfit baru. Tidak tanggung-tanggung, ada 4 Outfit baru pada v4.1. Dan yang lebih menarik, 3 dari 4 Outfit tersebut bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Wow!!!

Outfit gratis di v4.1 yaitu Wave Galactica untuk Liliya, Coral Sunrise untuk Rozaliya dan Purrfect Holiday untuk Durandal: Valkyrie Gloria. Untuk mendapatkan Outfit liliya, player cukup login selama 7 hari di v4.1. Dan untuk Outfit Rozaliya dan Durandal, player hanya tinggal memainkan Event di v4.1 untuk mendapatkan Outfit tersebut.

Untuk Outfit terbaru lainnya yaitu Hyoukai Sonata untuk Yae Sakura: Goushinnso Memento akan ada syarat tertentu untuk mendapatkannya.

Wave Galactica
Coral Sunrise
Purrfect Holiday
Hyoukai Sonata

New Interface

Pada v4.1, Interface dalam game Honkai Impact 3 juga mempunyai Update. Dari mulai tampilan Shop yang sebelumnya memanjang ke samping,  sekarang tampilan di Shop lebih baik dan lebih kompleks. Tampilan lainnya yang berubah yaitu pada bagian Supply atau biasa disebut ‘Tempat Gacha’.

Dan di v4.1, miHoYo memberikan Fitur baru yaitu Portrait Mode. Portrait Mode ini berfungsi sebagai sarana para Player dapat melihat lebih jelas dan detail Outfit ataupun Valkyrie. Namun Fitur ini hanya bisa diaplikasikan oleh pengguna Smartphone saja, untuk pemain yang menggunakan PC hanya bisa menggunakan Fitur ini secara Landscape.

New Shop Interface
New Supply Interface
Portrait Mode

New Event

Sama seperti Versi sebelumnya, pada v4.1 akan ada Event untuk Battlesuit [Thunderos Sanction]. Di Event ini, player dapat mencoba Valkyrie HoT dan juga terdapat tutorial penggunaan HoT untuk dapat mengerti cara menggunakan HoT dengan baik dan benar. Selain tutorial, di Event ini terdapat Battlesuit Trials. Namun Battlesuit Trials hanya dapat dimainkan jika player sudah mendapatkan HoT.

Di v4.1 terdapat Event lain yakni Event Summer [Gemina Invasion]. Event ini wajib dimainkan karena banyak Reward yang diberikan mulai dari Crystal, Honkai Shard, Stigma, Outfit dan masih banyak lagi. Untuk mendapat Reward, player cukup memainkan Event ini dan mengumpulkan Token untuk menukarkan dengan berbagai Reward.

Thunderous Sanction
Gemina Invasion

Ringkasan Update Versi 4.1

  • New Battle Suit: Raiden Mei ‘Herrscher of Thunder’
  • New Stigma: Benares: Awakening
  • New Weapon: Key of Castigation
  • New Pri-Arm: Domain of Sanction
  • New Elf: Bella
  • New Outfit
  • New Interface
  • New Event: Thunderos Sanction,  Gemina Invasions.

Informasi lain tentang Update v4.1 yaitu adanya perubahan pada sistem Abyss AOE Effect atau biasa disebut Buff/Debuff. Juga penambahan 6 Stigma di Bounty Mark yang dapat dicraft.

Catatan: Informasi seputar v4.1 di atas diambil dari Versi Test Server sehingga masih banyak Update lainnya yang belum muncul, dan informasi di atas dapat berubah sewaktu Official Release v4.1.