Hardwareholic – Intel mengkonfirmasi akan meluncurkan kartu grafis diskrit pertamanya, Intel Arc pada kuartal pertama tahun ini. Intel secara resmi mengkonfirmasi tahap pertama dari GPU Intel Arc dimana akan ditujukan untuk laptop lebih dahulu.

Saat ini, Intel telah membuat situs web khusus untuk acara “A New Stage of the Game” yang ditujukan untuk GPU Intel Arc pertama mereka di pasar laptop. Pada acara tersebut, Intel akan memberikan gambaran awal dari kartu grafis diskrit mereka untuk laptop namun tidak ada kabar untuk GPU Intel Arc desktop.

A New Stage of the Game

Join us on March 30th at 8 A.M. pacific time to see Intel® Arc™ graphics take center stage and get a first look at our new discrete graphics for laptops.

– Intel

Intel Arc Alchemist adalah GPU gaming generasi pertama Intel yang berbasis dari prototipe GPU Intel Xe-HPG. Intel menjanjikan akan merilis GPU Intel Arc untuk laptop dan desktop pada tahun ini. Selain itu, Intel juga telah memiliki rencana untuk setidaknya 3 generasi ke depan saat menetapkan posisinya di pasar dGPU untuk memberikan performa yang lebih baik di tiap generasi.

Kemungkinan besar Intel akan meluncurkan GPU berbasis DG2-128EU untuk laptop terlebih dahulu, seperti A350M dan A370M dimana GPU tersebut ditujukan untuk laptop desain ultra-tipis seperti laptop Acer Swift X yang dilengkapi dengan seri Intel Alder Lake-P.

GPU Intel Arc untuk pasar desktop akan diharapkan pada akhir kuartal kedua. Intel menjelaskan bahwa seri GPU Arc untuk laptop diprioritaskan untuk menyatukan semua teknologi penting (CPU, grafis, media, display, I/O, dll.) dimana diharapkan akan memberikan awalan yang baik untuk seri desktop nanti.

Sumber : Intel Arc Event