Redaksi kedatangan unit Review Smarphone realme 7i, sebagai lini produk realme di segmen menengah, yang sebelumya sudah ada realme 6 dan realme 5i, Sama seperti realme 7, seri ini juga mengusung slogan ’64MP Power Master’. Merujuk kepada performa chipset, kapasitas baterai dan fast charging, 90Hz Ultra Smooth Display, desain lebih segar dan trendi, serta kapasitas memori cukup besar.

Satu hal lain yang perlu dicatat, realme 7i merupakan smartphone Android dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB yang paling murah di Indonesia saat ini.

Bentuk Desain dan Spesifikasi realme 7i

Dengan ciri Khas warna Kotak realme berwarna kuningg dengan tulisan “realme 7i” dan beberapa keterengan yang ada di kotak nya.

Nah, di Dalam Kotak tersebut ada beberapa paket penjualan realme tentunya, seperti:

  • Unit Smartphone
  • Screen Protector terpasang dari pabrikan
  • Charger Dart 30 W 5V/6A
  • Kabel USB type-C
  • SIM Ejector
  • Paket Dokumen
  • Jelly case

Desainnya sendiri menampilkan sisi minimalis dengan desain layar punch hole di depan dan bodi two-tone atraktif di bodi belakang. Finishingnya juga halus dan tidak terlalu mengkilap, tapi tetap mudah kotor jika digunakan tanpa casing.

Realme 7i hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci. Resolusinya memang masih HD+, tapi mampu menampilkan teks dan gambar dengan baik serta di ukung layarnya telah dilindungi lapisan Gorilla Glass dari Corning

Di sisi kanan terdapat SIM tray. Lantas di bodi belakang, tertanam dudukan kamera berdesain menawan di area kiri atas.

Tekstur bodi nyaman di tangan, tak licin. Memang ada sidik jari menempel tapi tak terlalu signifikan. Smartphone ini memiliki port audio 3,5mm di area bawah, diapit lubang speaker dan lubang mic. Terdapat port USB Type-C.

layar Realme 7i ini telah mendukung refresh rate 90Hz. Efek dari layar 90Hz ini terasa saat menggulung layar yang terlihat lebih halus. serta kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional. Layarnya hadir dengan rasio 20:9, 1600*720 atau resolusi HD+ serta 90% rasio layar-ke-badan.

kamera

Realme 7i kini bisa menghasilkan foto beresolusi 64 megapixel serta memiliki Night Mode yang lebih baik. Bahkan ini merupakan kamera realme pertama (bersama dengan realme 7) yang dilengkapi 3 filter malam yaitu Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold.

Punch hole di sisi kiri atas smartphone ini mengusung sensor Sony IMX471 16MP. Sudah istimewa buat memenuhi kebutuhan selfie.

Layar dari realme 7 ini memiliki besar 6.5″ panel IPS 720 x 1600 piksel FHD+ dan rasio screen-to-body 90.5% Layarnya memiliki refresh rate 90 Hz Ultra Smooth Display, dan telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass. Meskipun resolusi layarnya terlihat sama seperti seri sebelumnya, rasio layarnya tetap mendukung 20:9.

Sidik Jari

realme 7i selain mendukung sensor sidik jari ultra cepat, juga mendukung pengenalan wajah untuk mempermudah membuka kunci dengan sekali klik atau sekali lirikan wajah dan aman untuk privasi Anda.

Fitur Lain

Semua lubang di realme 7i kedap air karena realme menyegel lubang dengan pelindung silicon. Sehingga cukup efektif mencegah percikan air.

Realme UI

realme UI yang berbasis pada Android 10, sudah dibangun dengan menawarkan pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat, terutama bagi kalangan muda. Tampilan setiap ikonnya tampak trendi dan penuh warna. Alhasil, realme UI tampak menyenangkan untuk digunakan.

Pengaturan empat kamera ultra-jernih mirip realme 6. Terdiri dari kamera utama 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, serta lensa makro dan lensa potret B&W masing-masing 2MP.

Sedikit menjelaskan, filter Cyberpunk merupakan kombinasi dari warna ungu dan biru. Sedangkan Flamingo memadukan warna merah dan abu-abu. Untuk Modern Gold, kombinasinya adalah warna hitam dan emas. Kualitas hasil foto di malam hari juga cukup baik, selama menggunakan mode Nightscape.

Sedikit menjelaskan, filter Cyberpunk merupakan kombinasi dari warna ungu dan biru. Sedangkan Flamingo memadukan warna merah dan abu-abu. Untuk Modern Gold, kombinasinya adalah warna hitam dan emas. Kualitas hasil foto di malam hari juga cukup baik, selama menggunakan mode Nightscape.

Berikut hasil foto realme 7i dalam mode Nightscape menggunakan filter malam barunya. Semua foto tanpa penyuntingan dan langsung dari smartphone.

Performa realme 7i

realme 7i mengadopsi chipset Snapdragon 662 serta RAM 8GB serta memori internal 128GB. Dengan nilai benchmark AnTuTu tinggi ditambah 18W pengisian cepat, Snapdragon 662 dapat memberikan power yang cukup untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari.

Chipset ini dibuat melalui proses fabrikasi 11nm yang membuatnya jadi powerful tapi tetap efisien. Snapdragon 662 mengadopsi struktur Kryo 260 di CPU dan Adreno 610 buat GPU.

Masih sangat ideal buat pengguna umum dan gamer. Prosesornya mampu menangani sebagian besar aplikasi menengah dan berat yang umum digunakan. Lumayan buat digeber dalam game PUBG Mobile atau sekedar bermain Mobile Legends.

realme 7i seri angka Power Master kali ini mengalami peningkatan konfigurasi memori yang besar 8GB+128GB guna memberikan yang terbaik sesuai permintaan realme Fans. Menjadikannya smartphone 8GB+12GB paling terjangkau di pasar saat ini.

Kombinasi RAM 8GB LPDDR4x dual-channel dan ROM 128GB UFS 2.1, realme 7i menyuguhkan penawaran menjanjikan. Kinerja grafis LPDDR4X ditingkatkan sebesar 20% dan kinerja RAM sebesar 100% dari LPDDR3.\

Realme 7i kini memiliki mode Cinema (Movie di menu) yang memberikan opsi pengaturan manual saat merekam video. Kemampuan merekam video realme 7i juga bisa diandalkan. Walaupun resolusinya masih terbatas Full HD pada 60fps, realme 7i telah dilengkapi penyetabil video UIS. Dari pengujian, penyetabil elektronik ini cukup efektif mengurangi efek guncangan saat merekam video sambil berjalan agak cepat.

Kapasitas Baterai

Unit review realme 7i ini disokong baterai berkapasitas masif 5000mAh, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

Dalam penggunaan sehari-hari seperti scrolling media sosial, streaming musik atau video dan bermain game, baterainya sanggup bertahan nyaris 24 jam. Berdasarkan pengujian realme Lab, realme 7i dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga

Tak hanya itu, dengan reverse charge OTG khusus, realme 7i juga dapat menjadi penghemat baterai perangkat. Buat pengecasan, smartphone ini dilengkapi dengan 18W Quick Charge, butuh 30 menit untuk mengisi sampai 33%.

Sektor ini diperkuat pula dengan fitur seperti App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization buat menghemat daya.

Kesimpulan

Selama mencoba realme 7i, smartphone ini cukup mumpuni sebagai pendukung aktivitas harian, ataupun kebutuhan entertain. Keberadaannya mampu mendobrak smartphone kelas menengah. realme 7i Power Master kali ini mengalami peningkatan kapasitas baterai sebesar 5000mAh yang dilengkapi dengan 18W Quick Charge dikombinasikan dengan konfigurasi memori yang besar 8GB+128GB serta refresh rate layar 90Hz, menjadikannya smartphone dengan memori 8GB+128GB paling baik di pasaran smartphone Rp 3 jutaan saat ini.

Terutama berkat spesifikasi unggul yang diembannya sebagai ‘Power Master’, yang disajikan dalam sektor kamera, jeroan, layar, baterai dan konfigurasi penyimpanannya ini menurut kami tetap akan kembali mengganggu segmen kelas menengah di tanah air.

Sayang seri 7i ini tidak ada NFC, perubahan ke depannya realme seri angka- huruf bisa mempertimbangakan lagi untuk penambahan fitur NFC yang sudah di lakukan pada realme 7