Hadrwareholic.com – kali ini Redaksi kedatangan kartu Grafis AMD, yaitu Radeon RX 5500 XT yang ditujukan untuk pasar kartu grafis entry level berbasis GPU AMD 7 nm yaitu Navi 14. dimana saat ini game membutuhkan Baik itu RAM dan VRAM yang cukup besar, membuat banyak gamer mencari sebuah GPU terjangkau dengan VRAM besar serta bisa memakai gim di resolusi 1080p dengan lancar, nah pilihanya adalah Sapphire , yang merupakan vendor kartu grafis AMD merilis varian dari Radeon RX 5500 XT yaitu Sapphire Nitro+ Radeon RX 5500 XT. Sapphire Nitro+ merupakan seri tertinggi dari kartu grafis Sapphire.

RX 5500 XT Nitro+ dikemas dalam kotak kardus berwarna hitam besar. Pada bagian depan kotak sudah dijelaskan fitur apa saja yang kamu dapatkan jika membeli RX 5500 XT Nitro+ serta berlogo overclock dan ada tulisan GARANSI 2 TAHUN dari Distributtor Astrindo

KEMASAN

Di dalam Kotak , terdapat VGA CARD RX 5500 XT Nitro+ yang dilengkapi dengan Buku Manual, buku Garansi serta tidak terdapat tambahan CD Driver , yang biasanya kita dapatkan secara umumnya

Adapun spesifikasi yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

Dalam masalah SUHU dan desain, Sapphire menjamin pendinginan optimal untuk RX 5500 XT Nitro+. Hal ini terlihat di bagian belakang, heatpipe dan heatsink dari GPU ini lebih panjang dari PCB-nya.

Sedangkan untuk daya, GPU ini menggunakan satu 8 pin PSU untuk memberikan daya maksimal. Dengan perpaduan semua hal tersebut, memungkinkan untuk kamu yang punya hobi overclocking akan mendapatkan hasil overclock yang maksimal pada GPU ini

Untuk pasokan daya, kartu grafis ini menggunakan sebuah 8-pin power yang mendukung hingga 135 Watt.

Port yang tersedia pada Sapphire Radeon RX 5500 XT Nitro+ terdiri dari dua port HDMI 2.0 dan dua port DisplayPort 1.4. Kartu grafis ini mendukung penggunaan hingga 4 monitor untuk fitur Eyefinity.

Desain dari Sapphire Radeon RX 5500 XT Nitro+ terlihat besar dengan dimensi 257 x 132.8 x 44.2 mm dan dilengkapi dengan dua kipas transparan 90mm yang memiliki fitur RGB untuk pencahayaan di kipas dan bagian samping kartu . Kartu grafis ini sudah dilengkapi backplate di bagian belakang kartu VGA ini untuk mencegah kartu grafis menjadi bengkok saat dipasang ke motherboard.

Untuk backplate sendiri memperlihatkan ciri khas seri Nitro+ dengan warna keperakan dan aksen hexagonal. Selain itu, meskipun kartu grafis ini terlihat besar ternyata board utama kartu VGA ini terlihat pendek persis seperti seri Radeon RX 480 yang memiliki pendingin besar dengan board pendek.

Untuk bagian samping dari RX 5500 XT Nitro+ terdapat BIOS switch untuk BIOS backup. Selain itu, kartu grafis ini memiliki fitur RGB lighting di logo Sapphire.

Spesifikasi

GPURadeon™ RX 5500 Graphics
2nd Gen 7nm GPU
RDNA Architecture
APIVulkan®
OpenGL® 4.6
OpenCL 2.0
DirectX® 12
Shader Model 6.4
BIOS SupportDual UEFI
CoolingDual-X Cooling
Dual Fan
Two-Ball Bearing
DisplaysMaximum 4 Displays
Engine ClockBoost Clock: Up to 1845MHz
Game Clock: Up to 1737 MHz
Form Factor2.2 slot, ATX
Dimension: 257 x 132.8 x 44.2 (mm)
InterfacePCI-Express 4.0
Memory Clock14.4 Gbps Effective
Memory Size/Bus8GB/128 bit GDDR6
Output2x HDMI
2x DisplayPort
Power Consumption135W
ResolutionHDMI™: 4096×[email protected]
DisplayPort1.4: 5120×[email protected]
Stream Processors1408
System RequirementRecommended 500 Watt Power Supply (Minimum 450 Watt Power Supply).
1 x 8-pin Power Connector.
PCI Express® based PC is required with one X16 lane graphics slot available on the motherboard.
Minimum 4GB of system memory. 8GB recommended.

Hasil Pengujian

Untuk performa sendiri dilakukan benchmark statis dengan 3DMark dan untuk pengujian real-world dengan menjalankan beberapa game.

Perangkat yang digunakan:

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2020-05-15-at-2.47.10-PM.jpeg
Benchmark GameSapphire RX 5500 XT Nitro+
GTA V (setting : High) (avg)71 fps
Assassin’s Creed Oddysey (avg)52 fps
Far Cry Primal (avg)73 fps
World War Z (avg)48 fps
Final Fantasy XV (score)4138


Kesimpulan

Sapphire merilis Radeon RX 5500 XT Nitro+ sebagai seri Special Edition yang bisa dibilang merupakan seri RX 5500 XT paling tinggi. Dengan VRAM 8 GB GDDR6 membuat kartu grafis ini terlihat berbeda dari model reference yang memiliki VRAM 4 GB.

Selain itu, kartu grafis ini menggunakan pendingin khas seri Nitro+ dengan fitur RGB. Untuk performa gaming, kartu grafis ini menunjukkan performa yang baik. Meskipun begitu, di beberapa game yang membutuhkan CPU diatas 4 core performa dari kartu grafis ini masih terasa lag di beberapa kondisi khususnya yang menghasilkan banyak tekstur.

Paket penjualan minim bagi sebagian orang mungkin tidak bermasalah. Namun, ketiadaan CD Driver membuat pengguna harus men-download driver dari website AMD. Dengan harga di kisaran Rp3 jutaan kartu grafis ini lebih megedepankan performa dan fitur dibandingkan kelengkapan.