HardwareHolic.com – vivo, salah satu merek smartphone yang cukup laris khususnya di Indonesia. Dikenal dengan kemampuan kamera yang terbilang cukup baik, Vivo umumnya merilis smartphone dengan SoC terbaik di kelas menengah ke atas yang memiliki harga diatas 4 jutaan. Sedangkan untuk menengah ke bawah di kisaran harga 3 jutaan biasanya memiliki performa yang standar dan tidak didekasikan untuk mobile gaming.

Kali ini, Vivo untuk pertama kalinya merilis smartphone terbaru dengan performa kelas menengah keatas yaitu Vivo Z1 Pro. Dengan slogan “Powerful Inside”, Vivo Z1 Pro bisa dibilang sebagai smartphone yang cukup menarik karena Vivo merilis smartphone kelas menengah kebawah dengan performa kelas menengah keatas.

kelengkapan vivo z1 pro

Paket penjualan dari Vivo Z1 Pro yang diulas kali ini dibungkus dalam sebuah kotak berwarna biru tua dengan tulisan nama produk di depan berwarna putih keperakan. Berbeda dengan kotak paket penjualan Vivo S1, kotak dari Vivo Z1 Pro sendiri polos tanpa aksen sehingga terlihat minimalis.

Untuk isinya sendiri selain Vivo Z1 Pro itu sendiri, terdapat aksesori tambahan seperti earphone standar khas Vivo, SIM tray ejector pin, rubber case bening, kabel data micro USB 2.0 dan adaptor 2A dengan output voltase 5V/9V yang mendukung fast charging. Paket penjualan ini bisa dibilang cukup standar seperti smartphone Vivo terbaru pada umumnya.

Bentuk dari Vivo Z1 Pro sendiri cukup mirip dengan Vivo S1. Dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan berat sekitar 200 gram membuat smartphone ini terasa sedikit lebih lebar dan lebih berat daripada Vivo S1.

vivo z1 pro

Layar dari Vivo Z1 Pro memiliki lebar diagonal sekitar 6.5 Inchi ( luas 104.7 cm2 ) dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan rasio layar 19.5 : 9. Untuk rasio layar-ke-bodi sekitar 83% membuat smartphone ini terlihat cukup luas. Meskipun begitu, cukup disayangkan layar dari Z1 Pro masih menggunakan IPS LCD sehingga tampilan yang dihasilkan tidak sejenih dan seirit S1 yang menggunakan Super AMOLED namun layar smartphone ini masih terbilang cukup baik. Karena layarnya yang lebar membuat tombol navigasi (Back, All Apps dan Home) digantikan oleh navigasi virtual on-screen. Selain itu, layar smartphone ini sudah terpasang screen protector berupa lapisan tempered glass.

kamera depan model teardrop notch

Dibagian sisi atas dari Z1 Pro terdapat kamera depan dan earpiece beserta sensor cahaya berada di tepi layar khas smartphone Vivo dengan layar lebar. Bila dilihat sekilas, posisi kamera depan yang berada di sebelah kiri layar smartphone ini tidak seperti S1 dengan model teardrop notch. Model kamera depan dari Z1 Pro ini terlihat sama persis atau terinspirasi dari Samsung S10 dengan posisi kamera depan agak ke tengah layar di sisi kiri.
Di bagian samping sisi kanan dari Z1 Pro terdapat tombol volume (+/-) dan tombol daya yang umumnya ada pada smartphone saat ini.

sisi bawah vivo z1 pro

Pada bagian sisi bawah dari Z1 Pro terdapat port audio 3.5mm, microphone, port micro USB 2.0 dengan OTG dan loudspeaker. Sangat disayangkan smartphone ini masih menggunakan micro USB 2.0 sama seperti smartphone Vivo yang dijual di Indonesia pada umumnya.

sisi kiri vivo z1 pro

Dibagian sisi kiri Z1 Pro terdapat slot nano SIM + Micro SD dan sebuah tombol fisik untuk mengakses fitur AI melalui Jovi dengan dukungan Google Assistant.

tray sim

Tray SIM dari Z1 Pro sendiri bisa dibilang sama persis dengan smartphone Vivo terbaru pada umumnya seperti S1 yang membuatnya dapat menggunakan dua nano SIM dengan MicroSD secara bersamaan.

Bagian belakang dari Z1 Pro menggunakan material plastik berwarna Sonic Blue dengan efek Glossy. Bodi dari smartphone ini secara keseluruhan sama seperti smartphone Vivo pada umumnya yang terasa licin dan mudah meninggalkan sidik jari.

Selain itu, bagian belakang smartphone ini terdapat tiga buah kamera dan lampu flash di sisi kiri dengan posisi vertikal. Sistem tiga kamera sendiri awalnya dipakai di Vivo V15 dan diteruskan ke S1 dan akhirnya diterapkan di Z1 Pro. Di sebelah kamera terdapat juga sensor untuk sidik jari di posisi tengah sejajar lampu flash kamera.

sisi belakang vivo z1 pro