Hardwareholic – Saat ini, kebutuhan akan media penyimpanan dengan kecepatan tinggi sudah mulai dibutuhkan banyak orang. Media penyimpanan SSD mulai menjadi pilihan untuk pengguna yang menginginkan performa saat mengolah data lebih cepat. Western Digital (WD) yang dikenal sebagai vendor penyedia perangkat penyimpanan yang umumnya berupa hard disk drive (HDD) cukup rajin membuat media penyimpanan SSD meskipun tetap menghadirkan solusi penyimpanan HDD.

Kali ini, Setelah diperkenalkan antarmuka PCIe Gen4, WD memperbarui seri WD black dengan merilis merilis SSD terbaru mereka yaitu WD Black SN750 SE NVMe. Seri WD Black SSD meerupakan seri yang berfokus pada performa baca-tulis yang cukup tinggi.

Kemasan dari WD Black SN750 SE yang diulas kali ini terlihat cukup kecil dengan warna hitam doff khas seri WD Black dengan gambar produk dan tulisan WD_Black di belakangnya. Bagian belakang dari Kemasan WD Black SN750 SE terdapat sebuah jendela kecil untuk menampilkan produk SSD dan berisi penjelasan spesifikasi produk, isi kemasan dan kompatibilitas termasuk dengan jaminan garansi 5 tahun. Isi dari kemasan tersebut terlihat cukup sederhana dengan hanya berisikan SSD NVMe WD Black SN750 SE beserta selebaran yang berisi petunjuk penggunaan dan garansi.

SSD WD Black SN750 SE NVMe yang diulas kali ini menggunakan form factor M.2 2280 seperti seri WD Black pada umumnya contohnya model SN750 standar. Untuk interface, SSD ini sudah menggunakan PCIe Gen4 x4 yang merupakan interface terbaru saat ini dibandingkan model SN 750 standar dengan PCIe Gen3 x4 yang diklaim mampu hasilkan kecepatan baca hingga 3600 MB/s dan tetap kompatibel dengan slot M.2 M-key SSD NVMe yang masih menggunakan PCIe Gen3 x4.

Untuk bentuk SSD sendiri terlihat cukup simpel tanpa tambahan heatsink tambahan dengan hanya satu modul chip buatan SanDisk berkapasitas 1 TB (TeraByte) yang hanya berada di satu sisi saja untuk portabilitas pada laptop yang cukup tipis. Dengan ukuran  3,16″ x 0,87″ x 0,09″ membuat SSD WD Black SN750 SE ini cukup mungil. SSD ini menggunakan controller PS5019-E19T buatan Phison yang mendukung standar antarmuka PCIe Gen4 x4 dan NVMe 1.3.

Software WD Dashboard

Untuk software pendukung, WD memiliki aplikasi khusus bernama WD Dashboard yang berfungsi sebagai monitoring untuk media penyimpanan dari WD seperti WD Black SN750 SE. Selain berguna sebagai monitoring, WD Dashboard juga dapat digunakan untuk update firmware, proses erase drive, pengaturan TRIM dan lain lain termasuk memiliki fitur Game Mode untuk peningkatan performa saat menjalankan game yang terinstal di SSD WD Black.

ATTO disk benchmark.

Pengujian kami lakukan dengan menggunakan beberapa bantuan aplikasi seperti CrystalDiskMark dan ATTO disk benchmark.

Pengujian yang pertama kami memulai dengan CrystalDiskMark menggunakan 2 ukuran data yang berbeda dan mengujinya hingga 9 kali pengulangan. Hasilnya, performa kecepatan baca sequential berada di kisaran 3487 MB/s dengan kecepatan tulis di kisaran 2838 MB/s pada saat melakukan proses pengujian di 1 GB.

Saat diatur ke 64 GB, performa dari WD Black SN750 SE terlihat berbeda sangat sedikit dibandingkan pengujian 1 GB dengan hasil baca sequential di kisaran 3486 MB/s dan kecepatan tulis di 2848 MB/s.

Pengujian kedua adalah dengan menggunakan aplikasi ATTO Disk Benchmark untuk pengujian kami. Dari gambar di atas, terlihat kami mendapat hasil sekitar 3,17 GB/s read dan 2,56 GB/s write. Hasil ini menunjukkan kecepatan baca-tulis dari WD Black SN750 SE terlihat cukup stabil.

Meskipun WD Black SN750 SE memiliki bentuk yang lebih sederhana tanpa adanya heatsink bawaan seperti pendahulunya, bukan berarti performa yang ditawarkan terlihat mengecewakan. Dibalik minimnya penampilan dan paket penjualan, Dengan penggunaan antarmuka PCIe Gen4, WD SN750 SE tetap memberikan performa baca-tulis yang sangat baik.

WD Black SN750 SE menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 1 TB yang terbilang cukup untuk kebutuhan media penyimpanan dengan kecepatan transfer data tinggi khas SSD dengan antarmuka M.2 NVMe PCIe Gen4. Bagi sebagian orang, WD Black SN750 SE mungkin terlihat kurang estetik dengan absennya heatsink. Namun, bagi kami WD Black SN750 SE tetap merupakan SSD NVMe yang menawarkan performa media penyimpanan sangat baik khas SSD WD Black pada umumnya dibalik desain yang sederhana.