HardwareHolic.com – Perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia, meluncurkan fitur Augmented Reality (AR). Melalui fitur AR di Tokopedia, masyarakat dapat mencoba berbagai produk makeup, seperti lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli.

“Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online. Dengan fitur ini kami berharap bisa makin membantu masyarakat mendapatkan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit,” ungkap Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, Azzahra Rahmani Ali.

Untuk mencoba fitur AR Tokopedia, masyarakat cukup ketik dan klik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, masyarakat bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain barangnya, yuk!’.

“Masyarakat juga bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis. Fitur AR ini dapat dinikmati pengguna Android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru,” jelas Azzahra.

Fitur Terbaru Lainnya: ‘Keyboard Tokopedia’ dan ‘Bagikan Alamat’ Bikin Belanja Online Makin Praktis

“Khusus untuk pengguna iOS, kini dapat menggunakan fitur Keyboard Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan barang yang ada di wishlist Tokopedia mereka ke teman atau kerabat dengan lebih mudah,” kata Azzahra.

Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru, kemudian pilih Tokopedia. Selanjutnya, klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik serta tahan ikon , dan klik Tokopedia.

Selain fitur Keyboard Tokopedia, Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Bagikan Alamat. “Masyarakat bisa mengirimkan hampers, hadiah atau berbagai produk lainnya kepada teman atau kerabat dengan lebih mudah melalui dengan menggunakan fitur Bagikan Alamat. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu ketik alamat penerima secara manual,” jelas Azzahra.

“Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah, pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikondi pojok kanan atas halaman utama. Kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Pilih tab ‘Dari Teman’, lalu klik ‘Minta alamat ke teman kamu’. Setelah itu, pengguna dapat memasukkan email atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat, lalu klik ‘Minta Alamat’,” jelas Azzahra.

Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan klik ikondi halaman utama Tokopedia, lalu klik notifikasi permintaan alamat, misalnya ‘Toppers meminta alamat kamu!’ dan pilih alamat untuk dibagikan, kemudian klik ‘Bagikan Alamat’.

Pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna Tokopedia lainnya) lewat fitur Bagikan Alamat. Caranya, klik ikondi pojok kanan atas halaman utama, kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Klik ikonpada alamat yang ingin dikirim, lalu masukkan email atau nomor handphone teman atau kerabat yang ingin dikirimkan alamat tersebut,” tambah Azzahra.

Di sisi lain, bagi pengguna yang sudah dikirimi alamat dari teman atau kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia, mereka hanya perlu klik ikon notifikasipada halaman utama Tokopedia. Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah mengirimkan alamat, misalnya ‘Toppers mengirimkan alamat!’. Selanjutnya, pengguna bisa pilih alamat tersebut dan klik ‘Simpan’ dan setelah itu alamat akan tersimpan secara otomatis di Daftar Alamat. 

Azzahra menekankan, “Fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di Tokopedia, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan beragam kategori produk lainnya.”

Inovasi Teknologi Tokopedia Bantu Brand Lokal Tingkatkan Daya Saing Bisnis

Selain menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pembeli berbelanja online, Tokopedia juga menghadirkan sejumlah fitur untuk membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, meningkatkan daya saing bisnis online.

“Ada berbagai fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan penjual, yaitu fitur Spesifikasi, Katalog Tokopedia dan Kurir Rekomendasi. Fitur-fitur ini berlaku untuk berbagai kategori produk, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan masih banyak lagi,” ujar Azzahra.

Pada fitur Spesifikasi, penjual bisa memberikan informasi produk lebih lengkap, seperti manfaat, kandungan produk hingga cara pakai, untuk lebih meyakinkan calon pembeli. Sedangkan Katalog Tokopedia membantu penjual melakukan kurasi produk unggulan agar pembeli bisa lebih mudah memilih dan membandingkan produk berdasarkan harga, ulasan dan lain-lain.

Di sisi lain, Kurir Rekomendasi, menerapkan AI untuk merekomendasikan mitra logistik terbaik berdasarkan performa sehingga kualitas pengiriman makin terjaga. Layanan ini tersedia di Jabodetabek, Medan, Deli Serdang, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, Surakarta, Malang, Denpasar, Surabaya, Sidoarjo, Bandung dan akan terus bertambah di kota lainnya. 

“Dengan Kurir Rekomendasi, penjual bisa mengatur jadwal pick up barang. Selain itu, penjual juga bisa live chat bersama tim khusus apabila terjadi kendala pengiriman,” jelas Azzahra.