Hardwareholic.com –
Seperti yang kita ketahui, ASUS diakui sebagai salah satu brand gaming peripheral yang terbaik di pasaran. Kali ini Tim HH akan mereview headset terbaru dari seri TUF mereka,yaitu ASUS TUF Gaming H5.

ASUS TUF Gaming H5 ini adalah headset 7.1 surround yang dibuat dengan durability tinggi, ringan, dan kompatibel dengan berbagai platform mulai dari PC, Mac, smartphone, PlayStations, dan konsol Xbox One. Selain itu, headset ini juga dijual dengan harga yang menarik, untuk lebih jelasnya berikut ulasan kita mengenai ASUS TUF Gaming H5.

Paket Penjualan

Headset ASUS TUF Gaming H5 dikemas dalam kotak kardus berwarna abu-abu matte besar. Di sisi atasnya terdapat gambar mengkilap dari salah satu penutup telinga, bersama dengan nama headset dan logo TUF.

Di bagian belakang kotak dan salah satu sisinya, ASUS mencetak beberapa fitur dan spesifikasi untuk headset ASUS TUF Gaming H5. Beralih kedalam kotak, kamu akan menemukan headset ASUS TUF Gaming H5, mikrofon yang dapat dilepas, dongle USB 2.0 to 3.5mm yang sudah support surround 7.1, kabel ekstensi 3.5mm dan buku kitab (cara penggunaan beserta kartu garansi).

Headset ini hampir seluruhnya terbuat dari plastik, rangka pada headband-nya terbuat dari stainless steel. Selain itu,karena bahan yang digunakan untuk membuatnya, headset ASUS TUF Gaming H5 terasa agak ringan. Beratnya hanya 12,9 ons atau 367 gram.

Headset ASUS TUF Gaming H5 memiliki driver yang terbuat dari magnet neodymium dengan diameter besar 50 mm. ASUS TUF Gaming H5 ini memiliki impedansi 32 Ohm dan respons frekuensi antara 20 dan 20000 Hz.

Headset ini dapat terhubung ke PC, ponsel atau perangkat serupa menggunakan braided cable sepanjang 1,2 meter yang terlihat kokoh. Kamu juga mendapatkan kabel ekstensi yang berguna jika ingin menggunakan headset di PC desktop atau konsol game yang lebih jauh dari kamu.

Meskipun memiliki harga yang terjangkau, headset ini juga menawarkan suara virtual 7.1 surround melalui dongle USB 2.0 to 3.5mm. Yang harus kamu ketahui adalah fitur ini hanya aktif ketika kamu menggunakan headset ini di PC. Dongle ini dilengkapi dengan switch yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode surround 7.1

Dibagian kabelnya, headset ini memiliki pengontrol in-line yang memungkinkan kamu menyesuaikan volume dan juga mengaktifkan atau menonaktifkan mikrofon bawaan. Kamu harus tahu bahwa headset ASUS TUF Gaming H5 ini juga dilengkapi dengan mikrofon kedua, yang dapat Anda pasang di cup telinga kiri.

Earcup busa TUF Gaming H5 adalah yang paling nyaman yang pernah saya gunakan. Mereka cukup tebal dan sangat lembut sehingga Anda tidak merasa seolah-olah kepala Anda dijepit di antara plastik keras. Membuat merasa nyaman dari penutup di telinga Anda, sehingga Anda setidaknya memiliki isolasi kebisingan.

Sementara mikrofon in-line bersifat omnidirectional, mikrofon cup telinga bersifat uni-directional. Pada mic in-line memiliki respons frekuensi antara 50 ~ 10.000 Hz dan sensitivitas 45 dB. Untuk mic pada cup telinga memiliki respons frekuensi antara 100 ~ 10.000 Hz dan sensitivitas -40 dB.

ASUS TUF Gaming H5 didukung oleh software gaming khusus ASUS yang disebut Armory II. Namun, software ini hanya mendeteksi headset pada PC dan hanya jika kamu menghubungkan dongle USB 2.0 untuk suara surround 7.1. Untuk headset ASUS TUF Gaming H5, perangkat lunak Armory II menawarkan serangkaian opsi penyesuaian suara yang disebut Sonic Studio.

This image has an empty alt attribute; its file name is asus_tuf_gaming_h5_13-1.png

Ini memungkinkan untuk kamu mengontrol karakteristik volume dan menggunakan equalizer, menghidupkan atau mematikan suara surround 7.1 virtual, mengoptimalkan suara untuk berbagai skenario seperti game, musik atau film, mengaktifkan atau menonaktifkan peningkatan bass, kejernihan suara, dan sebagainya.

Kesimpulan

Pada kisaran harga Rp1.200.000,- ASUS TUF Gaming H5 adalah headset dengan durability yang baik meskipun sebagian besar bahan yang digunakan terbuat dari plastik. Tetapi, karena hal itu juga membuat headset ini cukup ringan saat digunakan. Dan untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama ,headset ini juga sangat nyaman di telinga dan di kepala.

Ditambah dengan adanya berbagai port konektivitas, membuat headset ini dapat digunakan pada berbagai perangkat yang kita miliki. Dan untuk kamu yang ingin merasakan sensasi suara surround 7.1, headset ini memiliki kualitas suara di atas rata-rata dengan harga yang cukup terjangkau.