HardwareHolic.com – Seiring dengan berkembangnya teknologi, laptop modern kini hadir dengan berbagai desain. Selain laptop dengan desain clamshell satu layar yang sudah menjadi “standar”, kini ada pula laptop clamshell yang memiliki dua layar seperti halnya ASUS ZenBook Duo 14. Di sisi lain, ada pula laptop yang menggunakan desain 2-in-1 detachable dimana bagian layar dengan keyboard-nya bisa dicopot-pasang. Kedua desain tersebut hadir sebagai upaya dari para produsen laptop seperti ASUS untuk menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik di produknya.

Meski demikian, ada sebuah desain laptop yang saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat khususnya di Indonesia yaitu desain laptop 2-in-1 convertible. Berbeda dengan 2-in-1 detachable dimana bagian keyboard dapat dilepas agar dapat digunakan seperti tablet, desain 2-in-1 convertible memungkinkan layar yang terpasang untuk dapat diputar hingga 360 derajat. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu melepas keyboard untuk menggunakan mode tablet pada laptop convertible.

Desain tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kekurangannya tentu saja pada ketebalan saat laptop digunakan dalam mode tablet. Laptop convertible selalu tampil lebih tebal saat digunakan dalam mode tablet karena keyboard-nya tidak dipisahkan seperti di laptop detachable.

Meski demikian, desain laptop convertible juga memiliki berbagai keunggulan. Karena keyboard-nya tidak dapat dilepas, komponen utama laptop masih dapat ditempatkan bersama dengan bodi yang menampung modul keyboard. Hal tersebut memungkinkan laptop convertible memiliki ruang yang jauh lebih luas untuk menampung komponen utamanya, seperti mainboard yang menampung CPU dan GPU, hingga baterai.

Meski tergantung pada model dan manufakturnya, sebagian besar laptop convertible tidak hanya hadir dengan performa yang lebih baik dari laptop detachable, tetapi juga lebih dingin. Hal tersebut kembali disebabkan oleh ruang komponen utama yang lebih luas sehingga laptop convertible dapat dipasangi sistem pendingin yang lebih kompleks serta powerful.

Kabar baiknya, laptop convertible kini sudah tidak lagi hanya hadir di lini laptop super premium yang dibanderol dengan harga tinggi. ASUS VivoBook Flip 14 (TM420) adalah salah satunya. Hadir sebagai laptop convertible untuk para kreator muda (young creator), VivoBook Flip 14 (TM420) menawarkan performa terbaik di kelasnya dalam bentuk sebuah laptop yang sangat fleksibel.

Desain Modern, Cocok untuk Kawula Muda

Sebagai laptop generasi terbaru, VivoBook Flip 14 (TM420) hadir dengan desain modern yang tidak hanya stylish tetapi juga nyaman untuk digunakan. Salah satu fitur yang membuat VivoBook Flip 14 (TM420) nyaman digunakan adalah 360° ErgoLift Hinge yang memungkinkan keyboard untuk terangkat sehingga membentuk sudut yang nyaman untuk mengetik saat digunakan. Tidak hanya itu, teknologi engsel 360° ErgoLift Hinge juga memiliki durabilitas yang tinggi dan sudah teruji tahan hingga lebih dari 20.000 kali buka-tutup.

Beralih ke layar, VivoBook Flip 14 (TM420) menggunakan layar berukuran 14 inci beresolusi Full HD. Meski tergolong standar, layar laptop ini memiliki sudut pandang yang luas, yaitu hingga 178 derajat. Layarnya juga memiliki bezel yang tipis berkat teknologi NanoEdge Display dengan ketebalan bezel hanya 6,17mm. Bezel yang sangat tipis tersebut membuat VivoBook Flip 14 (TM420) memiliki ukuran bodi yang lebih ringkas dibandingkan laptop 14 inci pada umumnya serta mampu menghadirkan layar dengan screen-to-body ratio sebesar 82%.

Keunikan VivoBook Flip 14 (TM420) tidak hanya pada bagian utama layar tapi juga bagian belakangnya. Mengadopsi desain yang sama dengan seri VivoBook S, bagian belakang layar VivoBook Flip 14 (TM420) juga memiliki ruang lebih lega sehingga penggunanya dapat menempelkan berbagai macam stiker dan membuat laptopnya lebih personal. Tidak hanya itu, VivoBook Flip 14 (TM420) juga hadir dengan deretan stiker eksklusif dalam paket penjualannya.

VivoBook Flip 14 (TM420) mengadopsi keyboard dengan desain modern yang membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Selain didukung oleh teknologi 360° ErgoLift Hinge, keyboard di laptop convertible ini juga memiliki tombol yang nyaman untuk mengetik dengan travel key sejauh 1,4mm. Setiap tombol juga dilengkapi dengan LED backlit sehingga pengguna VivoBook Flip 14 (TM420) tetap dapat mengetik dengan nyaman meski dalam kondisi gelap.

Layout keyboard pada VivoBook Flip 14 (TM420) mirip dengan kebanyakan laptop 14 inci lainnya. Namun yang membuatnya berbeda adalah tambahan independent function key yang terletak di sisi paling kanan keyboard-nya. Tombol khusus yang terdiri dari tombol Home, Page Up dan Down, serta End dan Fn tersebut biasanya tidak terdapat di laptop 14 inci. Tombol tersebut juga memungkinkan pengguna VivoBook Flip 14 (TM420) dapat bekerja atau berkarya secara lebih produktif. Sebagai tambahan, VivoBook Flip 14 (TM420) memiliki tombol Enter dengan desain unik berwarna hitam yang dikelilingi garis berwarna kuning.

Tidak hanya keyboard, touchpad di VivoBook Flip 14 (TM420) juga hadir dengan berbagai peningkatan. Selain didesain lebih akurat, kompatibel dengan berbagai gesture di Windows 10, dan lebih nyaman digunakan, touchpad tersebut juga dilengkapi dengan pembaca sidik jari di salah satu bagian sudutnya. Pembaca sidik jari (fingerprint sensor) tersebut juga kompatibel dengan Windows Hello sehingga pengguna VivoBook Flip 14 (TM420) dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password.

Menariknya lagi, seluruh fitur tersebut dihadirkan dalam sebuah bodi laptop yang ringkas, tipis dan ringan. Bobot VivoBook Flip 14 (TM420) hanya 1,5kg sedangkan ketebalannya hanya 18,2mm. Dengan spesifikasi bodi tersebut, VivoBook Flip 14 (TM420) tidak hanya ideal untuk dibawa bepergian tetapi juga tetap nyaman bahkan saat digunakan dalam mode tablet.

Port dan Konektivitas Lengkap

Pengalaman menggunakan sebuah laptop tidak hanya bergantung pada performa yang kencang atau desain yang ringkas saja. Konektivitas juga perlu diperhitungkan, termasuk jumlah dan jenis port fisik yang diadopsi karena bagaimanapun juga pengalaman penggunaan laptop yang tidak bergantung pada dongle akan lebih baik.

Itulah alasan mengapa VivoBook Flip 14 (TM420) dilengkapi dengan sederet port pada bodinya, dimulai dari port USB Type-C untuk mengakomodasi perangkat modern, dan USB Type-A yang masih banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat legacy. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan port HDMI, memudahkan penggunanya untuk menghubungkan VivoBook Flip 14 (TM420) dengan monitor eksternal ataupun proyektor. Agar dapat lebih diandalkan oleh para kreator muda, VivoBook Flip 14 (TM420) juga dilengkapi dengan pembaca kartu MicroSD serta 3.5mm combo audio jack.

Tidak hanya di sisi konektifitas fisik menggunakan port, VivoBook Flip 14 (TM420) juga dilengkapi dengan konektivitas nirkabel modern. Laptop convertible ini telah menggunakan WiFi 6 sebagai sarana konektivitas nirkabel utamanya. WiFi 6 tidak hanya lebih modern, tetapi juga memiliki kemampuan transfer data lebih kencang dan stabil.

Agar pengalaman penggunaannya lebih maksimal, ASUS menyematkan fitur WiFi Master di VivoBook Flip 14 (TM420). Fitur tersebut memungkinkan model WiFi 6 yang ada di dalam laptop ini untuk dapat memilih WiFi access point dengan kualitas sinyal terbaik secara otomatis. Dengan demikian, pengguna VivoBook Flip 14 (TM420) akan selalu mendapatkan konektivitas terbaik.

Powerful untuk Berkegiatan Seharian

Meski ditujukan untuk para kreator muda dan memiliki performa yang powerful, VivoBook Flip 14 (TM420) tetap hadir dengan daya tahan baterai seharian. Dibekali dengan baterai dengan kapasitas 50Whrs, laptop ini dapat bertahan hingga lebih dari 8 jam ketika digunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari seperti mengolah dokumen, browsing, dan menonton video.

VivoBook Flip 14 (TM420) juga merupakan laptop yang siap langsung dipakai sejak pertama kali dinyalakan. Tidak hanya sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 orisinil, laptop ini juga sudah dibekali dengan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 secara cuma-cuma.

Laptop modern juga sudah sewajarnya memiliki desain dan fitur yang dapat membuat penggunanya lebih produktif. Sama seperti laptop terbaru ASUS lainnya, VivoBook Flip 14 (TM420) juga dibekali dengan aplikasi MyASUS. Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur bernama Link To MyASUS yang hadir untuk membuat penggunanya lebih produktif melalui konektivitas dengan smartphone.

Link To MyASUS memungkinkan smartphone pengguna VivoBook Flip 14 (TM420) untuk dihubungkan secara langsung ke laptopnya. Banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan Link To MyASUS mulai dari transfer data dari dan ke smartphone, menggunakan smartphone sebagai layar kedua, hingga menampilkan pesan serta menjawab panggilan secara langsung di laptop. Link To MyASUS membuat VivoBook Flip 14 (TM420) semakin powerful untuk kegiatan sehari-hari penggunanya.

Powerful untuk Content Creation

VivoBook Flip 14 (TM420) merupakan laptop convertible yang memiliki banyak fitur dan keunggulan. Lalu bagaimana performanya? Dirancang untuk para kreator muda, laptop ini tentu saja sudah dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi kreatif dengan lancar. Berkat dukungan prosesor AMD Ryzen 5000 Mobile Series terbaru yang juga dilengkapi chip grafis AMD Radeon terintegrasi, VivoBook Flip 14 (TM420) bahkan masih dapat menjalankan berbagai game kasual dengan cukup baik.

Selain prosesor dan chip grafis yang mumpuni, VivoBook Flip 14 (TM420) juga dibekali dengan RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB dan penyimpanan M.2 PCIe SSD berkapasitas 512GB. Kombinasi keduanya memungkinkan aplikasi berjalan lebih kencang di VivoBook Flip 14 (TM420) ketimbang di laptop lainnya yang masih menggunakan RAM berkapasitas lebih rendah serta penyimpanan menggunakan hard disk.

Menariknya lagi, VivoBook Flip 14 (TM420) juga cukup dingin saat beroperasi. Saat diuji menggunakan 3DMark Stress Test, sistem pendingin VivoBook Flip 14 (TM420) dapat mempertahankan performa optimalnya pada rata-rata suhu di angka 74,78 derajat Celcius untuk CPU dan 67,6 derajat Celcius untuk GPU. Angka tersebut jauh di bawah batas aman operasional komponennya masing-masing.

Berikut adalah hasil benchmark VivoBook Flip 14 (TM420) yang menggunakan prosesor Ryzen 5 5500U dengan konfigurasi 6 core dan 12 thread, serta dilengkapi dengan RAM berkapasitas 8GB.

Main Spec.VivoBook Flip 14 (TM420)
CPUAMD Ryzen™ 7 5700U Processor 1.8GHz (8M Cache, up to 4.3GHz, 8 cores) AMD Ryzen™ 5 5500U Processor 2.1GHz (8M Cache, up to 4.0GHz, 6 cores) AMD Ryzen™ 3 5300U Processor 2.6GHz (4M Cache, up to 3.85GHz, 4 cores)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory8GB DDR4 RAM 8+8GB DDR4 RAM
Storage256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display14.0″ (16:9) IPS-Level FHD (1920×1080), Touchscreen, Stylus Supported
GraphicsAMD Radeon™ Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, Micro SD 4.0 card reader
CameraHD Web Camera
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension32.40 x 22.00 x 1.82 ~ 1.82 cm
Weight1,5 Kg
ColorsBespoke Black
PriceRp9.399.000 (Ryzen 3 / 8GB RAM) Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM) Rp12.599.000 (Ryzen 7 / 8+8GB RAM)
Warranty2 tahun garansi global